Minggu, 31 Januari 2010

Ciri-ciri Money Game!

Affiliate program sebenarnya adalah sejenis program pemasaran yang memanfaatkan konsumen/pelanggan sebagai tenaga marketing yang dalam pendistribusiannya menggunakan sistem pemasaran berjenjang.

Sebenarnya sistem ini sangat luar biasa bagus bagi mereka yang ingin mulai langsung berbisnis dengan modal yang kecil namun memiliki perspektif masa depan yang cerah.

Namun kekuatan sistem pemasaran berjenjang ini sering disalahgunakan sebagai media penipuan sehingga sistem pemasaran langsung telah menuai opini negatif dari masyarakat dan menimbulkan sikap anti pati. Sehingga, selain ini telah menutup mata masyarakat dari manfaat yang besar dari bisnis penjualan langsung, juga membuat bisnis penjualan langsung yang benar-benar murni menjadi sulit berkembang.

Karena itu artikel ini disusun sebagai bahan referensi anda untuk menentukan sikap terhadap tawaran-tawaran bisnis penjualan langsung. Terutama bisnis internet. Sumber tulisan ini sebahagian besar diambil dari website Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI—http://apli.or.id). Walau mereka lebih merujuk kepada bisnis offline, namun semoga tetap dapat menjadi bahan pengingat kita agar tidak terjerumus kedalam skema piramida atau money game.



Tambahan:
Skema Piramida atau Money Game biasanya masa keanggotaanya tergantung pada format piramidanya. Jika sudah mencapai format tertentu, maka masa keanggotaannya habis. Jika mau ikut lagi, harus membeli lagi keanggotaan (kavling)nya.
Sementara di eCerdas, batas keanggotaan anda ditentukan berdasarkan batas habis masa sewa sebagaimana pada umumnya sistem sewa-menyewa.
Selain itu sistem piramida atau money game, sitem kerja/ marketing plannya sangat rumit, tidak transparan dan sangat banyak istilah-istilah dan singkatan-singkatan.
Berbeda dengan eCerdas. Untuk level member hanya dibedakan 2 (dua) saja yaitu Candidate dan Player. Sementara kebanyak program-program money game biasanya memiliki sederetan nama-nama logam mulia untuk membedakan level membernya. Dari mulai gold, silver, ruby, diamond dan sebagainya. Walaupun belum tentu penggunaan banyak level member tersebut dikategorikan sebagai money game.
Yang paling penting yang sangat perlu anda waspadai adalah dimana pengumpulan dana dan sistem distribusi ditangani langsung oleh pengelola program. Sebagaimana sistem arisan ibu-ibu dimana uang dikumpulkan kepada satu orang tertentu, ini sangat rentan dengan penipuan karena uangnya bisa dibawa lari. Karena itu eCerdas menggunakan sistem distribusi komisi langsung dari tangan anggota baru yang mengupgrade atau renewal kepada upline yang berhak.

Walaupun demikian, keputusan akhir tetap di tangan anda dalam memilih jenis bisnis direct selling yang akan anda tekuni. Artikel ini hanya sebagai jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang masuk mengenai money game ke inbox kami dan tidak bermaksud untuk mendiskreditkan program-program tertentu atau program manapun. Sistem bisnis sangat dinamis, jika sistem tersebut menurut pandangan anda tetap adil dan tidak ada yang terzalimi, tentu saja mungkin itu layak dijalani. Dan yang lebih penting lagi, sebaiknya jangan jadikan artikel ini satu-satunya referensi untuk menilai sebuah sistem itu moneygame atau bukan.

Dalam dunia penjualan langsung ada 3 (tiga) jenis sistem pemasaran

1. Single Level Marketing
Pemasaran satu jenjang. Ini adalah sistem pemasaran yang paling umum digunakan oleh program affiliasi online, terutama jika produknya merupakan sistem order. Sistem ini bisa dibilang paling aman untuk dipercayai.

2. Limited Level Marketing
Distribusi komisinya lebih dari satu level, namun juga dibatasi jumlah kedalaman level (vertikal)nya, bisa sampai hanya 5 level atau 10 level.
Namun biasanya juga dibatasi jumlah downline secara horizontalnya.
Sistem ini yang paling rentan dengan skema piramida atau money game. Jadi jika anda menemukan program dengan sistem level terbatas, silahkan rujuk kembali referensi di atas atau dari sumber-sumber lain.

3. Multi Level Marketing
Atau yang lebih dikenal dengan singkatannya MLM adalah sistem distribusi komisi pejualan dengan tidak ada batas levelnya.
Sistem ini banyak digunakan dan memang lebih cocok untuk digunakan pada produk-produk yang sifatnya retail. Seperti produk-produk kebutuhan pribadi, kebutuhan rumah tangga atau produk-produk kesehatan. Sehingga komisi bisa diperoleh selain dari hasil penjualan pribadi juga dari hasil penjualan group.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Info Peluang dan Bisnis. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan